--> Skip to main content

Resep dan Cara Membuat Kue Cubit Enak dan Lezat

Resep Kue Cubit - Kue cubit merupakan jajanan tradisional yang banyak terdapat di beberpa tempat di Indonesia. Kue ini sangat enak, kenyal, bentuknya kecil dengan diameter kisaran 4 centimeter. Karena bentuknya yang unik inilah kue cubit sangat mudah dikenali, dan cirinya yang lain adalah kue ini biasa dijual di depan sekolah dasar. kue cubit ini menggunakan tepung terigu, baking soda, gula dan susu sebagai bahan utama yang selanjutnya dicampur dengan menggunakan air dengan takaran tertentu. Setelah campuran adonan sudah siap, barulah adonan dituangkan pada loyang yang sudah dipanasi sebelumnya.

Resep Kue Cubit Enak dan Lezat
Resep Kue Cubit Enak dan Lezat

Beberapa pedagang bisanya akan mencampurkan taburan meses sebagai pemanis tampilan kue cubit. Banyak sekali variasi rasa dari kue cubit ini, karena pedagang bisa saja memberikan campuran perasa apapun sesuai selera atau permintaan pasar. Kue cubit yang populer tidak hanya dikalangan anak-anak dan remaja, nbamun juga dikalangan orang tua ini selain memiliki berbagai varian rasa, juga memiliki berbagai varian bentuk. Karena kue cubit ini juga bisa dimasak dalam berbagai bentuk loyang asalkan tidak menghilangkan ciri dasarnya kue cubit yang imut, kenyal, empuk dan megembang dengan citarasa yang enak gurih. Berikut adalah resep dan cara membuat kue cubit yang empuk, enak dan mengembang :


Bahan-bahan :

  • 3 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin, lelehkan
  • 1 bungkus vanili bubuk
  • ¼ sdt soda kue
  • ½ sdt baking powder
  • keju parut dan coklat meses secukupnya

Cara Membuat Kue Cubit :

  1. Siapkan dulu bahan, selanjutnya masukkan dalan wadah telur dan gula pasir untuk dicampur dengan menggunakan mixer agar gula lebih mudah larut dan mudah mengembang.
  2. Campurkan tepung terigu sedikit demi sedikit hingga rata adonannya. Jangan lupa untuk mencampurkan juga soda kue, margarin cair, vanili bubuk, dan baking podernya agar adonan mudah mengembang nantinya. setelah adonan siap, agar lebih memudahkan dalam tahap selanjutnya, masukkan adonan pada wadah yang ada pinggiran mulut seperti pada gelas takar agar tidak meluber saat adonan dituangkan pada cetakan kue.
  3. Tahap pencetakan kue cubit. Sebelumnya siapkan dulu loyang yang sudah dipanasi dengan api kecil, jangan lupa untuk mengoleskan mergarin pada dasar loyang agar adonan tidak lengket nantinya. Setelah loyang sudah siap, adonan bisa langsung dituangkan sesuai takaran, selanjutnya tutup loyang cetakan, dan tunggu hingga kue cubit setengah matang. Buka tutupnya, taburi dengan meses agar tampilan kue lebih cantik.
  4. Terakhir, jika kue sudah berwarna kecoklatan, berarti kue sudah matang dan siap disajikan. Kue cubit akan lebih nikmat jika dimakan saat masih panas.

Untuk varian rasa, bisa dicampurkan atau ditambahkan perasa sesuai keinginan. Selamat mencoba, semoga resep kue cubit ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda pembaca setia blog dewaresep.com. Sebelum meninggalkan blog ini silahkan Anda simak juga resep kue atau resep masakan lainnya, terima kasih.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar